Minggu, 02 Mei 2010

Pembuatan Aplikasi Permainan Tic-Tac-Toe pada J2ME

Java 2 Micro Edition

Java 2 Micro Edition (J2ME) dirancang untuk dapat menjalankan program Java pada perangkat yang memiliki kemampuan terbatas misalnya kecilnya jumlah memori yang dimiliki perangkat tersebut.


Konfigurasi J2ME


Konfigurasi J2ME adalah spesifikasi yang mendefinisikan sebuah virtual machine dari kumpulan API-API dasar yang dapat digunakan dalam kelas tertentu dari sebuah peralatan. Virtual machine pada J2ME berbeda dengan yang ada pada J2SE karena hanya fitur-fitur penting yang berkaitan dengan perangkat tanpa kabel (wireless) saja yang diimplementasikan.

Ada 2 kategori konfigurasi J2ME (Ady Wicaksono, Dasar-Dasar Pemograman Java 2, PT. Elex Media Komputindo Jakarta, 2002), yaitu :

1. Connected Device Config

uration (CDC). Sedangkan kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada perangkat-perangkat yang memiliki ukuran memori paling tidak 2 MegaBytes. Virtual machine yang digunakan adalah CVM.

2. Connected Limited Device Configuration (CLDC). Kategori ini umumnya digunakan untuk perangkat-perangkat yang memiliki memori berukuran 160-512 KiloBytes dan virtual machine digunakan adalah KVM. CDLC inilah yang digunakan untuk pengembangan aplikasi pada ponsel.


Profil J2ME


Sebuah profil dibangun dalam sebuah konfigurasi, namun ditambahkan beberapa API khusus agar dihasilkan sebuah lingkungan yang lengkap untuk membangun aplikasi. Profil berisi daur hidup (life cycle), antarmuka pemakai (user interface), serta penyimpanan. Salah satu profil J2ME adalah Mobile Information Device Profile (MIDP). Profil MIDP menyediakan sebuah platform standar untuk peralatan komunikasi bergerak yang memiliki kapasitas memori terbatas sehingga cocok untuk pengembangan aplikasi pada ponsel.


Deskripsi Permainan Tic-tac-toe


Permainan Tic-tac-toe adalah merup

akan permainan sederhana yang dimainkan oleh 2 orang pemain, dimana pemain secara bergantian menuliskan simbol “X” atau “O” diatas papan berukuran 3 x 3. Dimana pemain yang lebih dahulu dapat menyusun simbol “X” atau “O” secara berurutan (secara vertikal, horizontal, atau diagonal) sebanyak 3 simbol akan memenangkan permainan ini. Simbol yang telah dituliskan tidak dapat dihapus atau dipindahkan, bila seluruh papan telah terisi namun tidak ada yang dapat menyusun 3 simbol secara berurutan maka permainan dinyatakan seri.


Gambaran Umum Program


Permainan Tic-tac-toe

merupakan permainan yang dibuat untuk peralatan mobile seperti hand phone dan PDA yang mendukung Java. Permainan ini dibuat berdasarkan permainan Tic-tac-toe yang sebenarnya. Permainan tic-tac-toe ini dapat dimainkan pada berbagai macam peralatan mobile dengan tampilan yang sama walaupun mempunyai perbedaan resolusi layar. Maka tampilan permainan tic-tac-toe akan selalu sama walaupun pada resolusi layar yang berbeda.

Permainan hanya dapat dimainkan melawan CPU. Terdapat 3 level dari CPU easy, normal, hard. Diharapkan dengan tiga pilihan kesulitan dapat memberikan tingkat kompleksitas permainan sesuai yang diinginkan pengguna.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menginput nama dari user. User juga dapat menentukan giliran permainan dan menentukan memakai simbol “X” atau “O”. pada menu user juga dapat melihat catatan nilai total bermain, jumlah kemenangan seri, dan kalah.


Perancangan Antarmuka

Rancangan antarmuka menu utama adalah sebagai berikut :


Gambar 2.4 Antarmuka Menu Permainan Tic-tac-toe


a) Menu

Menu utama merupakan menu awal yang akan dilihat pengguna, dari menu utama ini terdapat beberapa pilihan :

1. Pengaturan :

memilih settingan permainan

2. Skor : menampilkan nilai permainan

3. Aturan permainan : menampilkan pengaturan permainan


Gambar 2.5 Antarmuka Pengaturan Permainan Tic-tac-toe


b) Pengaturan

Menu ini menampilkan pilihan yang digunakan untuk mengubah jenis permainan sesuai dengan keinginan pengguna. Pilihan yang dapat diubah adalah :

1. Nama : menentukan nama pemain

2. Level : menentukan level permainan terdapat 3 level permainan, yaitu mudah, biasa, dan susah.

3. Giliran : menentukan giliran permain

4. Simbol : menentukan simbol “X” atau “O



Gambar 2.6 Antarmuka Skor Permainan Tic-tac-toe

c) Skor

Menu ini menampilkan skor permainan. Terdapat 4 pilihan yang ditampilkan :

1. Total bermain

2. Menang

3. Kalah

4. Seri


Gambar 2.7 Antarmuka Aturan Permainan Tic-tac-toe


d) Aturan Permainan

Menu ini menampilkan aturan permainan dari permainan Tic-tac-toe.


Tampilan Output

a) Tampilan Output Awal Permainan




b) Tampilan Output Saat Bermain








Tidak ada komentar:

Posting Komentar